Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh di Malang Demo Tuntut UMK Naik 50 Persen

Kompas.com - 29/10/2013, 14:45 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Puluhan buruh dari PT Usaha, di Kota Malang, Jawa Timur, menggelar aksi damai. Mereka menuntut Upah Minum Kota (UMK) di Kota Malang, dinaikkan 50 persen dari UMK yang telah berlaku.

Puluhan buruh tersebut menggelar demo di Jalan Peltu Sujono, Kota Malang, pada Selasa (29/1 /2013). Aksi tersebut juga bentuk solidaritas terhadap para buruh yang saat ini memperjuangkan kenaikan upah secara nasional.

"Aksi ini tak ada sangkut pautnya dengan perusahaan. Ini murni sebagai dukungan buruh di Surabaya dan Jakarta. Serta buruh di seluruh Indoensia," jelas Koordinator aksi, Sudarmaji, ditemui di sela-sela aksi.

Para buruh tersebut sudah meminta izin kepada pihak perusahaan untuk menggelar aksi. "Karena aksi ini bukan karena ada konflik di perusahaan kita," akunya.

Namun, para buruh, khususnya di Kota Malang, sangat mendukung tuntutan para buruh di Indonesia, agar upah dinaikkan senilai 50 persen pada 2014 mendatang. "Tuntutan tersebut sudah hasil survei sesuai dengan berdasar pada 84 kebutuhan pokok buruh," katanya.

Sementara, DPR hanya melakukan survei untuk 60 poin kebutuhan pokok buruh. "Buruh meminta dewan untuk menyurvei sebanyak 84 item tersebut agar buruh dapat hidup layak. Jangan hanya menetapkan yang tidak sesuai dengan kebutuhan buruh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com