Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah Mulai Lakukan Lelang Jabatan

Kompas.com - 28/10/2013, 17:04 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai melakukan lelang jabatan atau promosi terbuka jabatan struktural. Hal itu dimulai sejak dilakukan peluncuran lelang jabatan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (28/10/2013).

Lelang jabatan ini diawali untuk mengisi 85 posisi jabatan untuk eselon III dan IV yang kebetulan sedang kosong.

"Kebetulan ini dimulai dari eselon III dan IV karena banyak juga yang kosong, dan bisa dijadikan uji coba awal untuk mengetahui hasilnya," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan, sosialisasi akan dilakukan mulai 29 Oktober hingga 8 November. Sosialisasi dilakukan melalui pengumuman di seluruh SKPD dan website sehingga bisa diketahui semua yang berkesempatan ikut.

Lelang jabatan ini bisa diikuti seluruh PNS di lingkungan Pemprov Jawa Tengah yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. "Saya berharap bisa cepat selesai, setidaknya akhir tahun ini sudah selesai dan sudah dilakukan pelantikan, dan kemudian akan dilanjutkan lagi tahun depan," kata dia.

Pelaksanaan lelang jabatan akan dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah. Konsepnya yakni melalui 'talent scouting' yakni pemetaan PNS potensial dengan instrumen terukur.

Instrumen tersebut antara lain melalui seleksi administrasi, kesehatan, penyusunan makalah, seleksi presentasi, tes potensi, evaluasi kerja dan lainnya. "Untuk saat ini peran gubernur yakni memantau dan meyakinkan semua itu berjalan dengan baik, dan evaluasi tentunya tetap akan dilakukan," tambahnya.

Pelaksanaan lelang jabatan ini juga akan disampaikan secara terbuka pada masyarakat melalui website yang ada. Ganjar mengatakan akan tetap membuka pengaduan dari masyarakat baik terkait hal ini ataupun hal lain.

"Ini sedang direncanakan jadi masyarakat bisa mengadu soal apa saja, dengan teman-teman social media juga tengah membicarakan hal ini," ujarnya.

Untuk eselon I yakni jabatan Sekretaris Daerah dan jabatan eselon II juga akan dilakukan lelang jabatan namun pada tahap berikutnya. Sebab, saat ini orang-orang yang di jabatan itu saat ini tengah disibukkan dengan penyusunan RAPBD dan RPJMD.

"Tapi dengan begini saya juga tahu, mana pejabat yang benar-benar menguasai serta yang tidak. Jelas nanti akan dilakukan lelang juga dan ini merupakan tahapan reformasi birokrasi yang dilakukan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com