Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Peserta Upacara Sumpah Pemuda Jatuh Pingsan

Kompas.com - 28/10/2013, 11:02 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Upacara peringatan Sumpah Pemuda yang digelar di Lapangan Merdeka Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (28/10/2013) diwarnai kegaduhan. Sejumlah peserta upacara terjatuh pingsan.

Sesaat kemudian, sejumlah petugas medis pun dibuat sibuk, mengingat fasilitas kesehatan yang disiapkan tidak mencukupi untuk merawat para pasien.

Sejak dimulai upacara yang dipimpin oleh Bupati Andi Baso Pashar Padjalangi, suasana gaduh langsung terjadi. Pasalnya, sejumlah peserta yang telah menunggu sejak pukul 06:00 wita ini tiba-tiba terjatuh di tengah lapangan.

Mereka yang pingsan ini pun langsung dievakuasi oleh tim medis dengan tandu. Sebab, hanya tersedia dua unit mobil ambulance di lokasi acara.

Para peserta umumnya mengaku kelaparan. "Kita disuruh datang jam enam jadi tidak sempat sarapan," tutur Wulandari, salah seorang peserta.

Ketua tim medis dalam acara ini, dr Buyung Sugianto,menilai, salah satu pemicu kejadian tersebut adalah faktor cuaca, serta kurangnya daya tahan tubuh akibat cuaca. "Rata rata kelelahan, karena belum sarapan dan faktor suhu udara juga sangat berpengaruh," kata Buyung.

Sementara itu, pemandangan lain yang terlihat di lokasi acara adalah, banyaknya peserta yang tak mengikuti upacara dengan tenang. Mereka sibuk bercengkrama satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com