Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Safei, Bupati Terpilih Kolaka

Kompas.com - 27/10/2013, 14:43 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka, Sulawesi Tenggara telah menetapkan Ahmad Safei dan Muh Jayadin sebagai pemenang dalam Pemilihan Bupati Kolaka pada 20 Oktober lalu.

Komisioner KPU Kolaka, Syahkan Launu dalam konferensi pers di Kolaka, Minggu (27/10/2013) menjelaskan, penentuan pemenang Pilkada Kolaka diputuskan dalam rapat pleno akhir yang digelar secara tertutup pada Sabtu (26/10/2013) kemarin.

“Jadi memang rapat pleno terakhir kita Sabtu kemarin itu tertutup. Hanya dihadiri oleh seluruh komisioner KPUD yang berjumlah 5 orang, beberapa staf KPUD dan pasangan pemenang pilkada ini. Yang kami tetapkan sebagai pemenang adalah pasangan nomor urut satu, Ahmad Safei dan Muh Jayadin. Itupun sesuai dengan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan surat suara yang digelar tanggal 24 Oktober lalu,” ungkap Syahlan Launu, Minggu.

Dia menambahkan, hasil penetapan pemenang itu sudah dituangkan dalam Surat Keputusan KPU Kolaka bernomor 63/Kpts/KPU.Kab-027. 433557/ Tahun 2013. Surat Keputusan tersebut, kata Syahlan, telah ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU Kolaka. "Jadi saat kita pleno, juga dihadiri oleh pasangan pemenang Pilkada Kolaka ini,” tegasnya.

Syahlan menyatakan, KPU Kolaka telah siap menghadapi apabila ada gugatan terkait penyeleggaran Pilkada Kolaka. “Masalah gugatan itu saya rasa tidak bisa dihindari. Maka dari itu, kami secara kelembagaan sudah siap. Itu berdasarkan aturan tiga hari pascapleno, gugatan sudah bisa diajukan ke Mahkamah Konsitusi. Tapi sifatnya baru indikasi temuan, selanjutnya akan diproses. Tapi pada intinya kami siap apabila ada gugatan nantinya,” cetusnya.

Dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU Kolaka beberapa hari yang lalu, menyebutkan, pasangan nomor urut satu, Ahmad Safei dan Muh Jayadin (SMS Berjaya) meraih suara terbanyak 69.925 (41,82 persen). Diikuti pasangan Amir Sahaka dan Parmin Dasir dengan total perolehan 58.619 (35,06 persen) suara.

Selanjutnya pasangan Harun Rahim dan Rustam Petta Nyalla memperoleh suara 19.462 (11,64 persen), pasangan Najmuddin dan Rusman mendapat suara 13.778 (8,24 persen), dan pasangan Farhat Abbas dan Sabaruddin Labamba hanya meraih suara 5.404 (3,23 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com