Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Warga Tak Percaya Berita Media, Pidato Prabowo Dipersoalkan Wartawan Garut

Kompas.com - 26/10/2013, 04:42 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Sejumlah wartawan di Garut, Jawa Barat, bereaksi keras terhadap pernyataan Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto dalam pidato di hadapan ribuan anggota Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Garut, Jumat (25/11/2013) siang. Pernyataan itu dinilai telah melecehkan profesi wartawan.

Unjuk rasa pun digelar para wartawan itu di depan kantor DPC Gerindra, Jumat sore. "Dia mengajak masyarakat tidak percaya media. Tak disebut 'oknum', berarti secara keseluruhan kami dianggap oleh Prabowo sebagai pemeras dan dapat disuap begitu saja," ujar Ketua PWI Garut Aep Hadi.

Para wartawan yang berunjuk rasa itu menuntut Prabowo meminta maaf secara terbuka kepada seluruh wartawan di Indonesia. "Karena ini menyangkut kredibilitas profesi wartawan keseluruhan," kata Hadi.

Selain menuntut Prabowo meminta maaf, para juru warta di Bumi Swiss Van Java itu berencana membawa permasalahan tersebut ke Dewan Pers. "Pernyataan sikap wartawan Garut ini akan kami sampaikan ke Dewan Pers beserta bukti rekaman pidato Prabowo," imbuh dia.

Dalam aksi unjuk rasa itu, para wartawan yang berorasi dan membentangkan poster sempat bersitegang dengan para kader Partai Gerindra. Para wartawan ini sempat dihalangi ketika berusaha menemui Ketua DPC Gerindra Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com