Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Haji "Suspect" Virus Corona Diisolasi di RSU Surabaya

Kompas.com - 24/10/2013, 19:05 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Pasien suspect virus Corona, Tasmi'an bin Rasiman Siru, yang merupakan anggota jemaah haji kloter 7 asal Bojonegoro masih harus diperiksa intensif di ruang isolasi khusus RSU dr Soetomo, Surabaya hingga tiga hari ke depan. Dia belum dipastikan terjangkit virus penyakit yang belum ditemukan penawarnya itu.

Kata Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum dr Soetomo, dr Joni Wahyuadi, menjelaskan, pria 63 tahun itu masih harus melalui serangkaian pemeriksaan seperti tes darah di laboratorium, pemeriksaan PCR, dan identifikasi virus.

''Tidak mudah untuk memastikan seseorang positif mengidap Corona. Pasalnya gejala yang ditunjukkan bisa saja sama dengan flu biasa atau gangguan pernafasan akut, seperti demam dan sesak nafas,'' katanya, Kamis (24/10/2013).

Menurutnya, hasil pemeriksaan terhadap Tasmi'an baru dapat diketahui setelah tiga hari ke depan. Tasmi'an saat ini masih dirawat di ruang isolasi khusus.

''Jika positif, pasien akan dirawat sampai kondisinya stabil. Jika negatif, maka diperbolehkan pulang,'' tambahnya.

Tasmi'an diduga terjangkit virus Corona saat melintasi alat identifikasi di gerbang Asrama Haji Surabaya, Rabu (23/10/2013) setelah pulang dari Tanah Suci. Saat itu, suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius hingga lampu di alat identifikasi berwarna merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com