Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Lahan, Warga Seluma Temukan 57 Telur Ular

Kompas.com - 23/10/2013, 23:21 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com — Seorang warga Desa Pagaragung, Kabupaten Seluma, Bengkulu, menemukan 57 butir telur ular yang diduga jenis piton.

"Sudah 57 butir yang kami hitung, masih ada lagi di bawah lubang dalam tanah," kata Iin Swasta, warga yang menemukan telur itu, Rabu (23/10/2013).

Ia menuturkan, dia menemukan telur-telur ular itu saat membuka area sawah tadah hujan yang sudah lima tahun ditinggalkan sehingga penuh semak.

Untuk mempercepat pembersihan lahan yang akan ditanami padi, ia membakar area tersebut, dan setelah terbakar habis, ditemukan telur-telur bertumpuk di satu lokasi.

"Ukurannya lebih besar dari telur angsa, kami menduga kuat telur ular, bukan buaya, karena di sekitar ini tidak ada sungai," tambahnya.

Dugaan itu diperkuat dengan pengakuan sejumlah warga yang pernah melihat keberadaan ular piton di lokasi itu.

Saat ini, kata Iin, ia sudah meninggalkan area garapan dan meninggalkan telur-telur itu karena takut ular piton akan muncul.

"Sebagian sudah pecah mungkin karena terbakar, dan sebagian masih utuh, tapi mungkin sudah rusak karena terkena panas api," katanya.

Kepala Seksi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Jaja Mulyana saat dikonfirmasi mengatakan belum mendapat informasi tentang keberadaan puluhan telur ular piton itu.

"Kami segera koordinasikan dengan Resor Seluma tentang penemuan telur-telur itu, dan memastikan itu telur ular atau bukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com