Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirab Kereta Kuda, Ribuan Warga Penuhi Jalan Malioboro

Kompas.com - 23/10/2013, 09:50 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan warga Yogyakarta, Rabu (23/10/2013) sejak pagi, tumpah ruah di sepanjang Jalan Malioboro, tepatnya dari depan pegelaran sampai dengan Kepatihan (Kantor Dinas Gubernur).

Masyarakat datang untuk menyaksikan kirab kereta kuda yang merupakan prosesi hari terakhir pernikahan putri Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hayu dengan KPH Notonegoro.

Sejak pukul 08.00 WIB, kepadatan sudah mulai terasa. Tua, muda, bahkan anak-anak terlihat sabar berdiri berjam-jam untuk dapat melihat kedua mempelai. "Dari tadi jam 8 sudah sampai di sini," ujar Nunik (45), warga Gamping, Sleman, saat ditemui di Jalan Malioboro.

Nunik mengungkapkan, kedatangannya bersama anaknya yang berusia 11 tahun untuk menyaksikan iring-iringan kereta pernikahan dan melihat langsung GKR Hayu dengan KPH Notonegoro.

"Kemarin sudah melihat di teve, sekarang saya ingin melihat langsung kedua mempelai," ujarnya.

Menurut Nunik, peristiwa kirab kereta keraton seperti ini sangat jarang sehingga sayang jika harus dilewatkan. Terlebih lagi, kata Nunik, Keraton Yogya yang menggelar hajatan itu sehingga masyarakat harus ikut memeriahkan.

"Ya istilahnya datang untuk mendoakan yang terbaik untuk kedua mempelai," ujar Nunik.

Sementara itu, iring-iringan 12 kereta kuda yang ditumpangi kedua mempelai akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com