Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijanjikan Uang Warisan, Pengky Tertipu Rp 15 Juta

Kompas.com - 22/10/2013, 16:54 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Pengky Mawey, warga Kelurahan Malalayang Satu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado menjadi korban penipuan dengan modus bujuk rayuan mendapat kiriman uang dari seseorang yang mengaku keluarganya.

"Saya tertipu sebanyak Rp 15 juta setelah mentransfer uang yang diminta ke rekeningnya," ujar Pengky ketika membuat laporan di Mapolresta Manado, Selasa (22/10/2013).

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (17/10/2013). Waktu itu, seseorang yang mengaku bernama Raymond Bisman menelepon Pengky dan mengatakan dia baru saja menerima uang warisan dalam bentuk dollar dalam jumlah yang sangat banyak. Tetapi uang itu tertahan di bandara dan harus menyetor uang sejumlah Rp 15 juta agar uang dollar itu bisa keluar.

Raymond lalu meminta tolong kepada korban untuk membantu meminjamkan uang sebanyak itu, sembari berjanji akan membagi hasil dollar tersebut. Tanpa curiga, Pengky pun mentransfer sejumlah uang yang diminta Raymond.

"Saya transfer melalui ATM ke rekening Bank Mandiri atas nama dia dengan nomor rekening 9000013733283. Saya mulai curiga setelah beberapa hari kemudian tidak ada kabar darinya. Dan saya pun merasa tertipu," jelas Pengky.

Kini kasus penipuan tersebut sudah dilaporkan Pengky ke Polresta Manado. Penipuan dengan modus menerima harta warisan kini sedang marak. Beberapa hari lalu, seorang korban juga melapor ke Polresta Manado karena tertipu sebesar Rp 50 juta dengan mentransfer melalui ATM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com