Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPH Notonegoro dan GKR Hayu Resmi Jadi Suami-Istri

Kompas.com - 22/10/2013, 11:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - GKR Hayu dengan KPH Notonegoro, Selasa (22/10/2013) resmi menjadi pasangan suami-istri, setelah menjalani upacara akad nikah di Masjid Penepen Keraton Yogyakarta.

Pada saat akad nikah ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X menikahkan sendiri putrinya. Upacara akad nikah ini hanya dihadiri calon mempelai pria dan keluarga beserta keluarga besar Sri Sultan HB X.

Sementara, calon mempelai wanita berada di Sekar Kedhaton. Setelah KPH Notonegoro bersama keluarga serta para saksi berada di Masjid Penepen Keraton Yogyakarta, Sri Sultan lantas melanjutkan prosesi dengan mengucapkan ijad kabul yang kemudian dijawab oleh mempelai pria.

Acara lalu dilanjutkan dengan memanjatkan doa pernikahan dan penandatanganan dokumen ijab kabul oleh KPH Notonegoro beserta para saksi.

Seluruh prosesi Akad Nikah ditutup dengan prosesi sungkeman yang dilakukan oleh KPH Notonegoro kepada Sri Sultan HBX, dengan terlebih dulu meletakan keris. Sungkeman ini menjadi simbol penghormatan dan memohon doa restu, karena sudah sah menjadi suami dari putri Sri Sultan.

Sebelum acara prosesi akad nikah dilaksanakan, di Masjid Penepen Keraton Yogyakarta telah disediakan 'sanggan' berupa pisang sejumlah satu sisir yang merupakan simbol pengabdian diri kepada Sultan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com