Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ciamis Ringkus 8 Geng Motor Pelempar Molotov

Kompas.com - 21/10/2013, 21:04 WIB

CIAMIS, KOMPAS.com - Polisi Resor Ciamis menangkap delapan orang anggota geng motor pelaku pelemparan bom molotov hingga menyebabkan empat remaja terluka di Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

"Komplotan pelempar bom molotov ini sempat menjadi buron, setelah melakukan aksinya di Kawali, 12 Oktober lalu," kata Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana saat ekspose pengungkapan pelaku pelemparan bom molotov di markas polres setempat, Senin (21/10/2013).

Ia menuturkan, delapan orang yang ditangkap itu merupakan anggota geng motor bernama Brigez dan GBR yang sengaja melemparkan bom molotov pada kelompok bermotor lainnya.

Para pelaku yang sempat bersembunyi dari pengejaran polisi itu, kata Witnu, bisa ditangkap di berbagai tempat di wilayah Ciamis dan luar kota, yakni Cirebon.

Ia mengungkapkan, delapan pelaku tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dalam rencana aksi pelemparan bom tersebut.

Ia menjelaskan, para pelaku ada yang berperan mengawasi lokasi, pelempar dan pembuat bom molotov, dan ada pula yang hanya mengendarai sepeda motor.

"Dari delapan orang itu hanya satu orang sebagai otak pelaku pelemparan bom dan membuat bom molotov di rumahnya," jelas Witnu.

Sementara itu, tujuan para pelaku melakukan aksi melempar bom karena adanya persaingan antar geng motor atau lawan kelompoknya, yakni Brigez dan XTC.

Para pelaku ditahan di Markas Polres Ciamis untuk pemeriksaan hukum lebih lanjut dan dijerat undang-undang darurat dengan ancaman kurungan lima tahun penjara.

"Pelaku dijerat Undang-undang darurat karena membawa senjata tajam dan diancam lima tahun penjara," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com