Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesi Siraman Anak Sultan HB X Pakai Air dari Tujuh Mata Air

Kompas.com - 21/10/2013, 13:53 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Usai proses "nyantri" di Dalem Kasatriyan, putri Raja Yogya Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hayu yang menikah dengan KPH Notonegoro mengikuti prosesi siraman di dua tempat berbeda, Senin (21/10/2013).

GKR Hayu melaksanakan siraman di Kagungan Dalem Bangsal Sekar Kedhaton. Sementara, KPH Notonegoro di Kagungan Dalem Kesatriyan. Sedangkan air yang digunakan untuk siraman kedua mempelai khusus diambil dari tujuh sumber mata air, yang berasal dari dalam Keraton Ngayogyakarta.

"Sekarang prosesi 'nyantri' hanya hitungan jam, lalu dilanjutkan dengan siraman. Dulu sewaktu pernikahan GKR Bendaro satu hari satu malam," tutur Putri pertama Sri Sultan HBX, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun.

Prosesi Siraman GKR Hayu, diawali dengan doa oleh Nyai Kangjeng Raden Penghulu Dipodiningrat. Kemudian acara dilanjutkan dengan siraman pertama oleh GKR Hemas, dilanjutkan GKR Pembayun, GBR Ayu Murdokusumo, dan BR Ayu Pruboyo.

Akhir prosesi siraman ditutup dengan muloni wudhu dan doa yang dipimpin Nyai Kangjeng Raden Penghulu Diponingrat.

Selesai di Kagungan Dalem Bangsal Sekar Kedhaton, GKR Hemas diikuti GKR Pembayun, GKR Condrokirono, para GBR Ayu dan para Garwa atau janda siteri GBP Harya, berjalan menuju Kagungan Dalem Kasatriyan untuk mengikuti Upacara Siraman Temanten Kakung.

Prosesi siraman KPH Notonegoro, diawali oleh GKR Hemas didampingi GK Pembayun diikuti ibunda serta sesepuh putri dari KPH Notonegoro. Sama halnya dengan prosesi GKR Hayu, acara siraman ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Nyai Kangjeng Raden Penghulu Diponingrat.

Usai prosesi Siraman mempelai laki-laki, GKR Hemas lalu berpamitan untuk kembali ke Kagungan Dalem Bangsal Sekar Kedhaton. Setelah selesai serangkaian acara Siraman, pasang Tarub, dan menghias tempat, semua yang hadir diberi jamuan makan siang untuk beristirahat.

Sementara itu, prosesi "Royal Wedding" selanjutnya kembali digelar pukul 18.30 Wib yaitu Tantingan dan Midodareni. Prosesi digelar di Kagungan Dalem Gedhong Proboyeksi dan Kagungan Dalem Bangsal Sekar Kedhaton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com