Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Raup 3,53 Persen, Farhat Abbas Jadi "Juru Kunci"

Kompas.com - 20/10/2013, 20:38 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com —
Hasil hitung cepat Konsultan Citra Indonesia (KCI) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, pasangan nomor urut 1 Ahmad Safei dan Muh Jayaddin (SMS Berjaya), meraup suara tertinggi, yakni 42,43 persen.

Menurut KCI, pasangan nomor urut 2, Najmuddin dan Rusman memperoleh 8,89 persen, sementara pasangan nomor urut 3 Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba hanya mendapatkan 3,53 persen.

Perolehan suara terbanyak kedua ditempati oleh pasangan nomor urut 5, Amir Sahaka-Parmin Dasir dengan 33,80 persen, disusul pasangan nomor 4 Harun Rahim-Rustam Petta Nyalla dengan 11,35 persen.

“Hasil perhitungan cepat yang selama ini lembaga lakukan belum ada yang meleset. Margin of error lebih kurang satu persen. Tidak pernah berbeda dengan hasil KPU,” kata Barkah Pattimahu, Director Konsultan Citra Indonesia, Minggu (20/10/2013).

Untuk melakukan hitung cepat, KCI mengambil sampel di 250 TPS dari 814 TPS se-Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Kolaka Timur.

Menyambut kabar keunggulannya menurut hasil hitung cepat, Ahmad Safei meminta kepada pendukung dan masyarakat Kolaka untuk tidak meragukan hasil perhitungan cepat tersebut. Ia mengimbau pendukung untuk merayakan kemenangan dengan tetap menjaga kesantunan sesuai koridor politik yang berlaku.

“Dari awal, kami sudah percaya dengan lembaga ini. Yang penting sekarang, kita harus mengawal hasil pemilihan dari TPS hingga KPU,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com