Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Oktober, 5 Kebakaran Besar Terjadi di Jember

Kompas.com - 18/10/2013, 21:35 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Selama bulan Oktober, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jember, mencatat sedikitnya lima peristiwa kebakaran besar terjadi di Jember, Jawa Timur.

"Angka ini mencatat rekor, sebab selama tahun 2013 baru bulan ini terjadi 5 peristiwa kebakaran," terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, Jumat (18/10/13).

Dia mengungkapkan, selama bulan ini, kebakaran terjadi di lima kecamatan, yakni Sumbersari, Bangsalsari, Kalisat, Pakusari, dan terakhir di Kecamatan Balung. "Sesuai peta bencana di kita, daerah itu memang sering dilanda bencana kebakaran," imbuh Heru.

Sementara itu, sepanjang 2012 tercatat setidaknya 150 kebakaran di kota tersebut, artinya setiap bulan terjadi antara 12-13 kebakaran. "Memang bencana kebakaran sering terjadi di Jember, terutama gudang pengeringan tembakau dan rumah pribadi warga," katanya.

Oleh karena itu BPBD mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan di wilayah sekitarnya. "Misalkan tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan segera menghubungi kami jika ada peristiwa kebakaran," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com