Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Merapi Minta Dibuatkan Jembatan dan Jalur Evakuasi

Kompas.com - 18/10/2013, 21:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada acara dialog dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di aula Hunian Tetap Pagerjurang, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Jumat (18/10/2013), warga meminta dibuatkan jembatan yang menghubungkan Desa Kepuharjo dengan Glagaharjo karena jembatan itu putus karena pasca-erupsi Merapi 2010.

"Kami memohon agar dibuatkan jembatan di wilayah Pagerjurang dan Manggong. Karena jembatan yang menghubungkan desa Kepuharjo dengan Glagaharjo putus pasca-erupsi," ucap Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto kepada Presiden.

Heri menuturkan akibat putusnya jembatan itu, warga, termasuk anak-anak yang pergi ke sekolah, terpaksa berjalan memutar sejauh 5 kilometer. Kondisi itu semakin parah jika hujan.

"Saat musim hujan, siswa harus jalan memutar untuk pulang-pergi sekolah karena di atas Sungai Gendol tidak ada jembatan," tuturnya.

Selain itu warga juga meminta pemerintah segera membangun jalur evakuasi, agar jika sewaktu-waktu Gunung Merapi meletus, mereka bisa mengungsi dengan cepat dan lebih mudah. "Jalur evakuasi khususnya di ruas Dusun Geblok sepanjang 8 kilometer," kata Heri.

Menanggapi permintaan itu, Presiden menginstruksikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menindaklanjutinya.

"Jika daerah bisa mengatasi permasalahan itu, maka menjadi tugas Bupati, dalam hal ini Bupati Sleman. Kalau tidak mampu, tarik ke provinsi nantinya Gubernur dan jika di luar kemampuan maka akan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat ," kata Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com