Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Organik di Manokwari Diresmikan

Kompas.com - 17/10/2013, 23:16 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Balthazar Kambuaya, meresmikan Kampung Organik dan Pengelolaan Limbah Ikan, di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (17/10/2013).

Di Kampung Organik yang berlokasi di Kelurahan Manokwari Timur, semua jenis tanaman menggunakan pupuk yang diolah dari sampah. Di kampung ini juga dikembangkan Bank Sampah, yang mengelola sampah plastik menjadi alat tukar untuk kebutuhan sehari-hari.

Pada kunjungan kerjanya di Manokwari, Balthazar juga meresmikan pabrik pengolahan limbah ikan di Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat. Limbah ikan itu nantinya diolah menjadi pakan ikan atau pelet.

Dalam sambutannya Menteri LH mengatakan, wilayah Papua subur dengan sumberdaya alam yang melimpah. Namun dengan jumlah penduduk yang terus bertambah ke depan akan sulit memenuhi kebutuhan pangan yang sehat. Untuk itu, kata Balthazar, sudah saatnya dilakukan hal yang bermanfaat bagi kelangsungkan hidup ke depan.

“Kampung Organik ini diharapkan akan menjadi contoh untuk daerah lainnya di Indonesia. Program ini sangat bagus, dan kita mulai dari wilayah timur,” kata Baltazar.

Peresmian Kampung Organik dan alat pengelolaan limbah di Manokwari, Papua Barat, sebagai bentuk persiapan Kota Manokwari untuk mengikuti perlombaan Adipura 2014 serta mempersiapkan Papua Barat menjadi provinsi konservasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com