Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pontianak, Biaya Perjalanan Dinas Dihemat buat Bangun Infrastruktur

Kompas.com - 17/10/2013, 12:09 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Pontianak menggelontorkan tambahan dana untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan pada semester II 2013.

Sebagian dana yang digunakan berasal dari penghematan anggaran perjalanan dinas dan sejumlah pos lain. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kota Pontianak 2013 ditetapkan sebesar Rp 1,418 triliun.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Kamis (17/10/2013), menjelaskan, sisa lebih perhitungan anggaran 2012 mencapai Rp 108 miliar.

"Ada banyak penghematan anggaran dalam beberapa tahun sehingga alokasi untuk pembangunan infrastruktur jalan bisa meningkat. Anggaran perjalanan dinas misalnya, semula dianggarkan Rp 13 miliar. Namun, yang digunakan hanya Rp 5,7 miliar sehingga bisa digunakan untuk anggaran pembangunan tahun berikutnya," kata Sutarmidji.

Pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan sarana kesehatan serta pendidikan menjadi prioritas di Kota Pontianak. Ini dilakukan karena tuntutan pertumbuhan wilayah kota.

Di sisi lain, Kota Pontianak tak memiliki sumber daya alam yang bisa diandalkan untuk membiayai pembangunan. Peningkatan infrastruktur dinilai menjadi solusi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com