Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Penerjun Meriahkan Puncah Haornas di Yogyakarta

Kompas.com - 16/10/2013, 20:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 30 penerjun payung dari berbagai klub baik sipil maupun militer menggelar geladi bersih untuk acara pembukaan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (16/10/2013).

Peringatan Haornas ke-30 ini akan diadakan di Stadion Mandala Krida dan akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (17/10/2013).

"Ini geladi bersih untuk persiapan mengisi acara peringatan Haornas besok," terang Sekjen Terjun Payung Indonesia, Effendi Soen saat ditemui di sela-sela geladi bersih.

Effendi mengungkapkan terjun payung sebagai bagian dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) merasa terpanggil untuk ikut memeriahkan peringatan Haornas. Para penerjun yang terlibat pada acara besok adalah para penerjun terbaik Indonesia.

"Kita sudah himpun penerjun-pernerjun terpilih dari berbagai klub untuk Ikut memeriahkan acara ini. Ada dari TNI AU, TNI AD, TNI AL dan sipil ada dari DIY Jawa Barat, Jakarta, Sulawesi Utara," kata Effendi.

Effendi Soen menjelaskan, geladi bersih ini sekaligus untuk memperkirakan kondisi angin dan cuaca bersok. "Kondisi angin dan cuaca sungguh luar biasa. Tadi sangat ketat kalau kondisi angin jauh dari ketentuan maka tidak akan terjun. Namun karena mereka (30 penerjun) merupakan orang-orang terpilih maka tetap berupaya untuk mendarat," tuturnya.

Sementara itu salah satu pemerjun dari TNI AU, Letnan Satu Agus Riyanti mengatakan untuk melakukan penerjunan di daerah perkotaan memang agak sulit. Salah satu kesulitannya adalah kondisi angin tidak menentu.

"Tadi saat terjun kondisi angin sangat variabel. Ya memang untuk terjun di daerah perkotaan butuh kepercayaan diri lebih, sehingga bisa mendarat di sasaran," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com