Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Shalat Id, Warga Pinrang Ziarah ke Makam Kerabat

Kompas.com - 15/10/2013, 17:21 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


PINRANG, KOMPAS.com - Usai melaksanakan shalat Idul Adha, warga Pinrang, Sulawesi Selatan, berziarah ke makam keluarga, Selasa (15/10/2013). Aktivitas ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan turun temurun.

TPU Ammsangeng misalnya terlihat penuh. TPU terbesar di Pinrang ini sudah dipenuhi warga yang berziarah sejak pagi, usai shalat Idul Adha. Jalan-jalan di sekitar TPU ini macet selama berjam-jam akibat banyaknya peziarah.

Sejumlah warga kemudian berinisiatif untuk mengatur lalu lintas secara sukarela. Namun hal itu tidak berhasil mengurai kemacetan. Pengamatan di lokasi, tidak tampak anggota kepolisian di pusat kemacetan itu.

"Selain sudah jadi tradisi, ziarah ke kuburan juga untuk mengingatkan mereka yang masih hidup akan kematian. Dengan begitu mereka bisa mengontrol gaya hidup," kata Sulaiman, seorang warga Pinrang.

Warga tidak hanya berziarah ke makam-makam keluarga. Mereka juga berdoa di makam-makam ulama terpandang kota itu. Tradisi ini biasanya berlangsung hingga tiga hari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com