Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Daging Kurban di Magelang Ricuh

Kompas.com - 15/10/2013, 15:43 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Pembagian kupon daging hewan kurban di Masjid Agung, Kauman, Kota Magelang, Jawa Tengah, Selasa (15/10/2013) diwarnai kericuhan.

Ratusan warga yang ingin mendapatkan kupon saling berebut masuk ke halaman masjid,  meringsek berusaha melewati pagar besi di depan halaman.

Akibat berdesak-desakan seorang nenek jatuh dan nyaris terinjak-injak. Sejumlah balita menangis karena terhimpit di tengah ratusan warga, bahkan petugas harus menampar seorang warga karena dinilai tidak tertib.

Sebelum pembagian kupon, petugas sudah meminta warga agar tertib, namun warga tetap bergerombol di luar pagar. Baru beberapa jam setelah kupon dibagikan, situasi berangsur-angsur tertib.

Wawan (32), seorang warga mengaku sempat terjadi keributan saat dirinya ikut mengantre bersama ratusan warga lainnya. Menurutnya, warga berebut karena khawatir tidak kebagian kupon. Apalagi jumlah hewan kurban yang dipotong tidak terlalu banyak.

"Kami sudah mengantre lebih dari dua jam. Warga berebut karena takut tidak kebagian daging kurban. Ini seharusnya dijadikan pelajaran, khususnya bagi para pejabat, karena masih banyak warga miskin yang membutuhkan uluran tangan," tutur Wawan.

H Jauhari (71), Ketua Panitia Hewan Kurban Masjid Agung Kota Magelang mengatakan, pembagian hewan kurban rutin dilakukan setiap hari Raya Idul Adha.

Namun dia mengakui tahun ini jumlah hewan kurban lebih sedikit dibanding tahun-tahun lalu. Jauhari menyebutkan, pihaknya hanya menyembelih empat ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Padahal tahun lalu, ada enam ekor sapi dan 46 ekor kambing. "Penurunan ini mungkin karena banyak warga yang lebih memilih menyembelih kurban di kampungnya masing-masing," ucap Jauhari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com