Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Pilkades, Polres Sleman Terjunkan Unit Siluman

Kompas.com - 14/10/2013, 21:22 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menurunkan unit siluman untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar di wilayah itu dalam waktu dekat ini.

Pengamanan oleh unit siluman itu terkait potensi perjudian dan peredaran uang palsu yang sering kali mewarnai pelaksanaan pemilihan kepala desa di 33 desa di wilayah itu.

"Pelaksanaan pilkades memang berpotensi dijadikan ajang perjudian seperti para pemain-pemain pinggiran. Ajang itu yang bisa menimbulkan adanya gangguan kamtibmas," kata Kapolres Sleman AKBP Iksan Amin, Senin (14/10/2013).

Ia mengungkapkan guna mengantisipasi adanya perjudian yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, pihaknya melakukan pola pengamanan pilkades secara terbuka dan tertutup. "Yang tertutup, akan diterjunkan tim siluman," ungkap Iksan.

Nantinya unit siluman akan dikoordinasikan oleh kasatserse. Tim itu tidak hanya terdiri dari jajaran polres, namun juga dibentuk sampai dengan tingkat bawah yakni polsek.

Menurutnya selain memantau kemungkinan ajang judi, unit siluman yang diterjunkan juga untuk mengantisipasi peredaran uang palsu dengan memanfaatkan pelaksanaan pemilihan kepala desa. Dalam mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala Sleman Polres Sleman menerjunkan 1200 personel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com