Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afan, Bocah Pengidap Leukemia Itu Meninggal

Kompas.com - 14/10/2013, 16:54 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS,com — Mochamad Afan Efendi (3), penderita leukemia asal Dusun Sumberdadi, Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, meninggal dunia di RS dr Soetomo Surabaya, Senin (14/10/2013).

Ibu Afan, Siti Juwariyah, mengatakan pada Kompas.com, putra tercintanya itu mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 02.00 WIB. "Dibawa dari Banyuwangi ke Surabaya pada 9 Oktober lalu, setelah mendapatkan bantuan. Kondisinya sudah kritis. Sempat masuk Instalasi Rawat Darurat di Rumah Sakit Dr Soetomo," jelasnya.

Siti Juwariyah menjelaskan anaknya mengalami pendarahan parah dan akhirnya meninggal dunia jam 2 pagi. Sementara itu Sugianto, ayah Afan, mengaku ikhlas atas kepergian Afan. "Mungkin ini yang terbaik buat anak saya dan juga keluarga," kata Sugianto lirih.

Mochamad Afan Efendi terlahir kembar pada 12 September 2010, Afan mempunyai kondisi fisik berbeda dengan saudara kembarnya, Mochamad Ifan Afandi.

Afan berasal dari keluarga miskin. Ayahnya buruh serabutan dengan penghasilan yang tidak menentu. Setelah dirawat beberapa hari di Banyuwangi, dokter menyarankan Afan dirujuk ke rumah sakit di Surabaya karena peralatan di rumah sakit di Banyuwangi tak cukup lengkap.

Jenazah Afan sendiri sudah dimakamkan di pemakaman umum di Dusun Sumberdadi, Kecamatan Tegaldlimo, Senin siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com