Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Idul Adha di Suramadu Meningkat 200 Persen

Kompas.com - 14/10/2013, 16:06 WIB

BANGKALAN, KOMPAS.com — Arus mudik di Jembatan Suramadu, Jawa Timur, pada H-1 hari raya Idul Adha, Senin (14/10/2013), meningkat hingga 200 persen dibanding hari-hari normal.

Menurut Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu, Suhartono, Senin sore, peningkatan sebesar 200 persen itu jika dibanding hari-hari normal. "Tapi jika dibanding hari raya Idul Adha tahun lalu, malah menurun," kata Suhartono.

Ia menjelaskan, penurunan jumlah pemudik yang melintas di Jembatan Suramadu ini terjadi karena warga Madura mulai melakukan mudik Lebaran sejak Sabtu (12/10/2013).

"Kalau tahun lalu, lonjakan pemudik kan hanya di H-1 saja. Kalau Lebaran sekarang kan sejak sebelumnya," katanya.

Sementara itu, untuk mengurangi penumpukan kendaraan, pihak pengelola tol Jembatan Suramadu membuka loket tambahan, dari sebelumnya hanya dua loket menjadi empat loket. Dengan demikian, meski kendaraan terlihat ramai, tetapi tidak terjadi antrean yang cukup berarti.

"Antrean paling panjang sekitar 50 meter saja, dan kalaupun nanti jumlah kendaraan terus meningkat, maka kami akan membuka loket tambahan," kata Suhartono.

Menurut pantauan, lonjakan kendaraan bermotor yang melintas di Jembatan Suramadu ini mulai meningkat sejak sekitar pukul 14.30 WIB dan hingga pukul 15.30 WIB terpantau semakin ramai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com