Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengikut Tarekat Syattariah di Aceh Ikuti Shalat Id Hari Ini

Kompas.com - 14/10/2013, 15:05 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com — Ribuan jemaah pengikut tarekat Syattariah di Aceh melakukan shalat Idul Adha 1434 H pada Senin (14/10/2013).  Pelaksanaan shalat Id dipusatkan di Masjid Jamik, Desa Peulekong, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Pantauan Kompas.com, ribuan pengikut tarekat Syattariah mulai memadati halaman masjid tua ini sejak dari pagi. Mereka bukan hanya warga Kabupaten Nagan Raya, melainkan juga warga dari kabupaten di Aceh, yaitu Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Gayo Lues, Aceh Tengah, dan Pidie.

“Saya dan keluarga setiap tahun datang ke masjid ini untuk melakukan shalat hari raya, kebiasaannya di sini memang pelaksanaan shalat Id lebih awal satu hari dibandingkan dengan tempat lain secara keseluruhan,” kata Muhammad (45), pengikut tarekat Syattariah asal Aceh Selatan, kepada Kompas.com.

Pelaksanaan shalat Id yang dipimpin pemimpin tarekat, Abu Habib Kudrat, tersebut berlangsung khusyuk. Keberadaan tarekat Syattariah sudah lama, dan merupakan keturunan Habib Abu Muda Seunagan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com