Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Rakyat Tangkap Ikan, Seorang Warga Tenggelam

Kompas.com - 12/10/2013, 17:05 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis


BARRU, KOMPAS.com - Pesta rakyat dengan menangkap ikan di waduk Battoa, Desa Bojo, Kecamatan Malusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, berujung seorang peserta tenggelam, Sabtu (12/10/2013). Korban tenggelam diduga karena tersangkut bongkahan kayu yang berada di dasar waduk.

Korban tengglam bernama Supardi, warga Kampung Duri, Kelurahan Tamassarange, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Dia tidak sadarkan diri saat menyelam untuk menangkap ikan di dasar waduk. Beruntung, sejumlah warga yang ikut mencari ikan pada waduk tersebut, segera menyelamatkan Supardi.

Nurdin, warga Desa Bojo yang ikut menyelamatkan korban, mengatakan awalnya dia melihat Supardi menjulurkan tangan ke permukaan air. “Saat saya menoleh ke belakang yang berjarak sekitar 15 meter dari saya, ada gelembung air seperti ikan besar yang mengamuk. Setelah saya perhatikan, ternyata tangan manusia bergoyang-goyang mirip ikan,” jelas Nurdin, warga Bojo.

Supardi tenggelam tepat berada di tengah-tengah waduk yang luasnya sekira satu hektar ini. Selain Nurdin, lima warga lainnya ikut bantu menolong korban.

Pinggir waduk yang merupakan pegunungan, membuat Supardi kesulitan untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. Beruntung nyawa korban bisa diselamatkan dengan pertolongan pertama oleh warga.

Kepala Desa Bojo, Arifin Tidulu mengatakan, sebelumnya ia melalui pengera suara memperingatkan agar warga tidak turun dulu untuk menangkap ikan karena air waduk belum surut. “Saya bersama petugas Koramil setempat dengan menggunakan sudah memperingatkan warga untuk tidak menangkap ikan karena ketinggian air masih sekitar 3 hingga 5 meter. Namun warga tidak mempedulikan,” jelas Arifin Tidulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com