Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Gunung Api di Indonesia Masih Berstatus Siaga

Kompas.com - 12/10/2013, 10:15 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada empat gunung api di Indonesia dinyatakan dalam status siaga (level III). Keempat gunung api tersebut adalah Gunung Karangetan di Sitaro, Sulawesi Utara; Gunung Ibu di Halmahera; Gunung Rokatenda di Flores, Nusa Tenggara Timur; dan Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara.

"Empat gunung ini merupakan bagian dari ring of fire (cincin api)," kata Pejabat Pelaksana Bidang Penyelidikan dan Pengamatan Gunung Api dari Pusat Vukanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika di Bandung, Sabtu (12/10/2013).

Meski statusnya sama-sama siaga, penetapan jarak Kawasan Rawan Bencana (KRB) pada keempat gunung tersebut berbeda-beda sesuai dengan keberadaan penduduk di kaki gunung. Untuk Gunung Karangetan, kata Gede, perhitungannya menggunakan elevasi (kemiringan). Gunung tersebut tidak boleh didaki dan didekati sampai elevasi mendekati 500 meter.

Berbeda dari dua Gunung Rokatenda dan Lokon, yang berjarak aman 3,5 kilometer, Gunung Ibu tidak boleh didekati dalam radius 2 kilometer lantaran jarak penduduk cukup jauh dari kawah. "Gunung Lokon itu paling lama ditetapkan status siaganya," kata Gede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com