Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor KPU Polman Dikepung Massa

Kompas.com - 09/10/2013, 19:03 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Sehari pasca-pemilihan Bupati Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ribuan pendukung tujuh dari delapan pasangan calon bupati Polewali Mandar, mengepung kantor Komisi Pemilihan Umum setempat, Rabu (9/10/2013) petang.

Mereka meminta KPU mengelar pilkada ulang karena berpendapat pilkada yang digelar Selasa (8/10/2013) sarat dengan kecurangan dan manipulasi.

Ribuan orang itu awalnya berkumpul di samping kantor DPRD Polewali Mandar. Kemudian mereka berkonvoi ke kantor KPU. Aksi mereka itu membuat jalan-jalan di Kota Polewali Mandar macet total.

Komisioner KPU menerima sejumlah wakil massa. Pada kesempatan itu, warga meminta KPU menggelar pemilihan ulang karena ada kecurangan yang sistematis dan masif dalam pelaksanaan pilkada kemarin.

Perwakilan warga kemudian memaparkan sejumlah indikator kecurangan itu. Salah satunya adalah banyak nama ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT). Indikator lainnya adalah banyak pemilih tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) namun masuk dalam DPT. Para pengunjuk rasa berpendapat, kecurangan-kecurangan itu menguntungkan satu pihak.

Massa mengancam akan terus menduduki kantor KPU jika tuntutan KPU tidak merespons tuntutan mereka. Hingga berita ini diturunkan, massa masih berkumpul di kantor KPU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com