Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Dongeng, Ajak Anak Gemar Makan Ikan

Kompas.com - 09/10/2013, 10:29 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Puluhan anak Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, diajak menggemari ikan, di Pendopo Kabupaten setempat, Rabu (9/10/2013).

Sosialisasi gemar ikan ini, disampaikan lewat dongeng yang dibawakan oleh Kempo Antaka dari Semarang. Dengan gayanya yang membuat anak-anak tertawa tersebut, Kempo, mengatakan bahwa ikan sangat menyehatkan badan dan mencerdaskan otak manusia. Terutama sekali anak-anak.

“Kalau anak-anak suka makan ikan, anak-anak akan pandai sekolahnya,” kata Kempo dengan gaya lucu.

Ketua panitia sosialisasi gemar ikan kepada anak-anak, Triyas, menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai laut yang luas. Laut di Indonesia ini, menghasilkan ikan yang melimpah. Ikan sendiri, menurutnya, kalau dimakan bisa mencerdaskan, apalagi anak-anak.

“Anak-anak lebih suka makan makanan instan. Kebiasaan itu harus dihilangkan, dan harus diganti makanan yang lauk pauknya ikan,” kata Triyas, yang juga pegawai Dinas Kelautan Provinsi Jawa Tengah.

Triyas menambahkan, sasaran sosialisasi gemar makan ikan ini adalah anak-anak. Pasalnya, anak-anak adalah generasi masa depan bangsa. “Kalau anak-anak usia SD sudah mempunyai otak yang cerdas, pasti beberapa tahun ke depan bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dan maju,” kata dia.

Sementara itu, salah satu peserta sosialisasi gemar makan ikan, Yohana, mengaku kalau tidak setiap hari makan ikan. Namun begitu, ia sangat suka sekali makan ikan. “Baunya amis. Tapi saya suka. Hanya saya tidak setiap hari makan ikan,” kata Yohana, yang masih duduk di bangku SD kelas V tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com