Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Pasang Calon Bupati Mimika Tandatangani Kesepakatan Damai

Kompas.com - 09/10/2013, 09:26 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA , KOMPAS.com – Dua hari jelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Mimika periode 2013-2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika menggelar Deklarasi Pemilukada Damai yang diadakan di Ruang Cenderawasih, Resto 66, Timika, Selasa (8/10/2013) malam.

Kegiatan yang dipimpin ketua KPUD Mimika, Karolus Tsunme, dihadiri 10 dari 11 pasang kandidat peserta pemilukada Mimika. Hadir pula Kepala Polda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian didampingi Kepala Polres Mimika, AKBP Jermias Rontini serta Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Dwi Lagan Safrudin.

Seperti pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan KPUD Mimika bersama pasangan calon dan tim sukses, kegiatan petang tadi sempat diwarnai banyak interupsi saat membahas materi deklarasi, terutama terkait sanksi bagi pasangan calon bila terjadi keributan yang timbul akibat ulah para pendukung.

Menanggapi berbagai pertanyaan sejumlah tim sukses, Karolus menyampaikan bahwa deklarasi sebagai bentuk komitmen dari semua pihak untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya pesta demokrasi di Kabupaten Mimika.

“Kita melaksanakan pesta demokrasi ini, dengan tetap mengikuti aturan yang berlaku dengan baik, berjalan dengan damai dan aman,” jelas Karolus.

Dalam sambutannya, Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian menyampaikan bahwa pelaksanaan deklarasi pemilukada damai ini merupakan satu kesepakatan komitmen dari para kandidat untuk siap mengikuti aturan main pemilukada, berkompetisi dengan sehat, tidak menghalalkan segala cara serta tetap menjaga ketertiban dan keamanan.

“Dalam pilkada nantinya hanya ada satu pemenang, walaupun pelaksanaan mungkin bisa dua putaran. Hanya satu pemenang sementara sepuluh kandidat lainnya harus kalah. Karena itu hendaknya pasangan calon bisa membuka hati dan pikiran siap untuk menang ataupun siap untuk kalah,” imbau Tito.

Demi meredam gangguan keamanan selama pelaksanaan pemilukada di Mimika, Tito menyampaikan, Polda juga mengirimkan personil yang diperbantukan di Polres Mimika serta menempatkan tujuh orang pejabat utama dari Polda Papua yang akan memantau pelaksanaan Pemilukada Mimika hingga selesai.

Terkait ketidakhadiran dari salah satu pasangan calon, menurut Tito tidak terlalu mengganggu deklarasi pemilukada damai, mengingat sebagian besar kandidat sudah hadir. “Mari kita mendoakan agar pemilukada ini berjalan dengan aman, lancar dan demokratis, sehingga masyarakat Mimika nanti akan memiliki satu pasang pemimpin yang betul-betul ditunggu oleh masyarakat dalam rangka untuk membangun Mimika yang kaya ini, yang dapat dinikmati oleh masyarakat Mimika,” kata Tito.

Usai menandatangai deklarasi pemilukada damai, ke-10 pasangan calon kemudian membacakan deklarasi didampingi Kapolda Papua, Ketua KPUD Mimika dan Dandim 1710 Mimika. Pemilihan bupati dan wakil bupati mimika periode 2013-2018, rencananya akan digelar pada 10 Oktober mendatang yang akan diikuti oleh 11 pasang kandidat calon bupati dan wakil bupati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com