Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Satu Hari untuk Pasien Operasi Dirawat Inap

Kompas.com - 08/10/2013, 16:57 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Manajemen RSUD dr Moh Saleh Kota Probolinggo, Jawa Timur, membuat terobosan pelayanan yang dinamai One Day Care (ODC). Dengan pelayanan ODC, pasien cukup ditangani sehari dan dirawat inap dalam waktu singkat agar terhindar dari infeksi yang ditimbulkan dari rumah sakit, serta tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Wakil Direktur Pelayanan dan Medik dr HA Taufiqurrahman menjelaskan, pasien yang menjalani operasi, baik kecil, sedang, maupun besar, bisa dilayani dengan ODC. Mekanismenya, setelah ditangani di poliklinis, pasien langsung dilayani ODC oleh para petugas medis yang berkompeten.

“Pelayanan ODC diterapkan dalam minggu ini. ODC ini banyak manfaatnya, salah satunya mengurangi antrian panjang karena ruangan yang terbatas dan menekan pasien telantar. Selain itu, pasien terhindar dari berbagai infeksi yang timbul dari rumah sakit. Sebab, makin lama pasien di rumah sakit, semakin besar dia berpotensi terkena infeksi, seperti infeksi nusokomial,” imbuh dr Taufiq, Selasa (8/10/2013).

Manfaat lain dari ODC, kata dr Taufiq, pasien tak perlu keluar biaya banyak. Pasalnya, petugas medis yang juga melibatkan pegawai fungsional, akan cermat menangani pasien sehingga cukup ditangani sehari saja. Dengan demikian biaya yang ditanggung pasien tidak akan membengkak. Apalagi, tambahnya, pasien kebanyakan tak suka berlama-lama di rumah sakit sehingga bersemangat untuk sembuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com