Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Bison Amerika Lahir di Taman Safari II

Kompas.com - 08/10/2013, 15:55 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com
- Anggota keluarga Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Pasuruan, Jawa Timur, bertambah. Seekor anak betina lahir pada 2 Oktober 2013 lalu. Bison ini dinamai Kayla.

Kayla adalah anak Kiasulin (betina) berusia enam tahun dan Nanduira (jantan), sepasang bison Amerika yang merupakan hibah dari Taman Safari Indonesia hasil pertukaran satwa dengan Jepang.

"Ini merupakan anak pertama dari jenis Bison Amerika, yang ada di TSI II. Sedangkan Kayla diambil dari nama orangtuanya, Kiasulin dan Nanduira," kata Lilik Mulyono, keeper (perawat) bison saat ditemui di tempat penangkaran bison, di TSI II Pasuruan, Selasa (8/10/2013) siang.

Dia menuturkan, Kayla dilahirkan secara normal, setelah sembilan bulan lebih sepuluh hari di dalam kandungan induknya. Bayi bison akan bisa dilihat oleh pengunjung tiga bulan kedepan.

"Nanti kalau sudah umurnya lebih dari tiga bulan, baru kami pindah ke ruang exhibition," terangnya.

Ia menuturkan, bison Amerika, merupakan satwa yang masih langka dan menjadi satwa andalan di TSI II Prigen Pasuruan. Selain Bison Amerika, TSI II Prigen Pasuruan, juga mempunyai jenis bison Eropa, yang kini jumlahnya mencapai delapan ekor. (rbp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com