Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkuban Parahu Meletus Lagi Pagi Tadi

Kompas.com - 08/10/2013, 13:11 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, kembali meletuskan material vulkanik dari dalam dasar kawah pada Selasa (8/10/2013) pukul 03.15 WIB pagi tadi. Satu kali erupsi bersifat freatik tersebut diikuti juga dengan aktivitas tremor menerus dan satu kali gempa tektonik jauh.

"Letusannya pun masih dalam sekitar kawah," kata Hetty Triastuti, Ketua Tim Tanggap Bencana Gunung Tangkuban Parahu dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu, Selasa (8/10/2013).

Selain letusan pada pagi hari tadi, malam sebelumnya, Senin (7/10/2013), Tangkuban Parahu juga sempat meletus sebanyak dua kali pada pukul 18.13 WIB dan 23.45 WIB. Durasi letusan yang terjadi selama tiga menit.

Dengan demikian, sejak meningkatnya aktivitas vulkanik pertama kali pada Sabtu (5/10/2013) hingga saat ini, Gunung Tangkuban Parahu telah meletus sebanyak sembilan kali. "Kemarin (Senin) jadi ada lima letusan dalam satu hari," ujarnya.

Hetty menambahkan, selain letusan, Gunung Tangkuban Parahu juga menunjukkan aktivitas vulkanik lainnya, seperti gempa-gempa. "Terbilang menurun seismiknya walaupun masih ada gempa-gempa vulkanik dangkal dan tremor menerus," jelas Hetty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com