Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecalang Ikut Kawal Pembukaan KTT APEC

Kompas.com - 07/10/2013, 17:00 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Selain melibatkan ribuan aparat TNI dan Polri, pengamanan pembukaan KTT APEC di Nusa Dua Bali, Senin (7/10/2013), juga melibatkan pengamanan swadaya masyarakat desa adat yang biasa disebut "pecalang".

Mereka bertugas di "ring tiga", tepatnya di depan pintu masuk kawasan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Nusa Dua.

Mengenakan pakaian adat Bali dilengkapi keris sebagai senjata khas pecalang, penampilan mereka tampak berbeda dibandingkan petugas keamanan lainnya. Kacamata hitam menambah kesan sangar empat orang pecalang Desa Adat Bualu yang sedang mengamati lalu lalang kendaraan.

"Tugas dalam pengamanan APEC kita mulai tanggal 3 untuk pengamanan ini hingga tanggal 8 besok, kita ikut mengamankan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar salah seorang pecalang Desa Adat Bualu, Wayan Suwita.

Selama ini, pecalang memang selalu dilibatkan oleh Polda Bali dalam berbagai acara akbar atau arus mudik setiap tahunnya. Secara rutin pecalang juga ikut mengantisipasi masuknya penduduk gelap dengan melakukan razia ke rumah kos dan rumah penduduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com