Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-banjir Bandang, Warga Sigi Gatal-gatal

Kompas.com - 07/10/2013, 15:06 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

SIGI, KOMPAS.com - Pasca-bencana banjir bandang di Desa Salua, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah awal Oktober lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi telah membuka dua posko kesehatan. Satu posko didirikan di Desa Salua dan satu lagi di Desa Tuva.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sigi, pasca-banjir tersebut, banyak warga yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), maag dan penyakit kulit.

Kepala Dinas Kesehatan Sigi, Sofyan Mailili mengatakan, banyak warga yang terdiri dari anak-anak dan lanjut usia yang menderita gatal-gatal

"Data terakhir yang kami terima, sekitar kurang lebih 30 orang menderita penyakit kulit dan ini paling banyak kasusnya. Kemudian diare dan ini kita waspadai terus-menerus, siapa tahu ini cuma gejala awal. Karena kondisi lingkungan sedang tidak bagus," kata Sofyan, Senin (7/10/2013).

Selain tenaga medis dari Sigi, Sofyan mengatakan, petugas medis dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga terlibat dalam penanganan kesehatan pasca-banjir bandang Salua. Bahkan sejumlah sukarelawan dari Universitas Tadulako dan Universitas Alkhaeraat juga diterjunkan untuk membantu korban banjir bandang.

Selain itu, pendataan terhadap ibu hamil, ibu menyusui, balita dan usia lanjut, juga dilakukan karena itu perlu penanganan khusus. Termasuk korban banjir yang trauma.

"Ada yang trauma juga. Soalnya saat banjir bandang melanda kawasan tersebut, mereka berada di dalam rumah. Dan jiwanya ketakutan saat peristiwa itu terjadi dan itu perlu konseling khusus," ujar Sofyan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com