Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayar Rp 200.000 Sebulan, Buruh Demo Kantor PLN

Kompas.com - 07/10/2013, 14:14 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Ratusan buruh kantor pelayanan PT PLN Tanjungkarang, Bandar Lampung, Senin (7/10/2013), melakukan aksi unjuk rasa dengan mengoyang-goyangkan pagar kantor tersebut. Mereka melontarkan protes karena hanya mendapatkan bayaran Rp 200.000 per bulan.

Koordinator lapangan, Herri Usman, mengatakan, upah yang diterapkan kepada pekerja kontrak di distributor Lampung dengan sistem borongan sangat tidak manusiawi. Aturan itu melanggar ketentuan keputusan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Pendapatan tidak sampai Rp 500.000 per bulan, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup lajang, apalagi bagi kepala rumah tangga," kata dia.

Terlebih lagi, pemerintah juga sudah menaikkan harga bahan bakar minyak yang diikuti dengan kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

"Bagaimana mungkin pendapatan itu mampu memenuhi kebutuhan hidup dan biaya pendidikan dan kesehatan anggota keluarga," tanya Herri.

Gaji tenaga kontrak yang ditekan ditambah dengan kenaikan TDL tidak juga membuat pelayanan PLN di Lampung semakin baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com