Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Perempuan Australia Sering Alami Pelecehan Seksual

Kompas.com - 07/10/2013, 10:01 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.COM - Sebuah survei yang jarang dilakukan telah menemukan bahwa lebih dari separuh dokter perempuan Australia mengalami pelecehan seksual dari pasien mereka.

Hampir sepertiga mengatakan bahwa mereka telah diremas atau dipegang ketika berkonsultasi dengan pasien. Riset yang dilakukan tahun 2010 dan dipublikasikan Senin (07/10/13), menemukan 54.5 persen dokter perempuan menjadi sasaran pelecehan seksual. Permintaan pasien untuk diperiksa di bagian-bagian tubuh yang tidak seharusnya diperiksa atau mereka membuka bagian tubuh tertentu menjadi bentuk pelecehan seksual yang paling sering.

Sebanyak 36 persen dokter perempuan mengaku telah mendengar komentar-komentar beraroma seksual dari pasien mereka.

Dr Peter Bratuskin, dosen Universtas Monash yang juga salah seorang pimpinan riset  mengatakan tingginya angka yang diperoleh cukup memprihatinkan tetapi tidak terlalu mengejutkan. “Kami sudah sering mendengar tentang hal ini dari dokter umum,” tutur Bratuskins seperti dikutip Brisbane Times, Senin.

“Namun sedikit sekali yang kami ketahui tentang hal ini walaupun tampaknya cukup sering terjadi.” Survei ini melibatkan 180 dokter perempuan dari seluruh Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com