Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Panggung Rakyat, Jalan Malioboro Akan Ditutup Besok

Kompas.com - 05/10/2013, 10:09 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ruas jalan yang menjadi ikon wisata Kota Yogyakarta, Jalan Malioboro, akan ditutup total pada Minggu (6/10/2013) mulai pukul 19.00 WIB hingga tengah malam karena akan digunakan sebagai panggung rakyat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Yogyakarta untuk penutupan Jalan Malioboro. Diperkirakan, mulai pukul 19.00 WIB atau 19.30 WIB, jalan tersebut akan ditutup total hingga berakhirnya acara," kata Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Sugeng Sanyoto di Yogyakarta, Jumat (4/10/2013).

Menurut dia, penutupan tersebut ditujukan agar masyarakat dan wisatawan dapat menikmati suguhan hiburan di tiga panggung tanpa terganggu lalu lalang kendaraan bermotor di ruas jalan tersebut.

Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar kegiatan panggung rakyat di sepanjang Malioboro sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-257 kota tersebut. Panggung rakyat akan berada di jalur lambat.

Sugeng menyebutkan, komando penutupan ruas Jalan Malioboro sepenuhnya berada di tangan kepolisian, sedangkan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan mendukung dari sisi manajemen lalu lintasnya.

Selama penutupan jalan, Satlantas Polresta Kota Yogyakarta direncanakan menerjunkan 80 petugas yang akan dibantu 20 personel dari Dinas Perhubungan, ditambah sekitar 100 petugas Jogoboro dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro dan didukung pengamanan dari Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta serta komunitas setempat.

Sementara itu, warga yang ingin menikmati suguhan yang ditampilkan dari tiga panggung hiburan tersebut dapat memanfaatkan area parkir di Tempat Khusus Parkir (TKP) Malioboro 1 dan 2 serta di parkir Ketandan dengan tarif progresif karena parkir di sepanjang Jalan Malioboro akan ditiadakan.

Komunitas parkir di Jalan Malioboro sepakat akan mengakhiri aktivitasnya pada pukul 16.00 WIB sehingga seluruh jalan dan trotoar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan wisatawan yang akan menikmati suguhan hiburan di tiga panggung.

"Seluruh komunitas, baik itu pedagang kaki lima (PKL) dan parkir sepakat untuk tidak beraktivitas saat ada panggung hiburan di Malioboro," kata Kepala UPT Malioboro Syarif Teguh.

Syarif juga mengatakan, karena ketiga panggung hiburan tersebut akan didirikan di jalur lambat, akses jalur lambat Malioboro akan ditutup mulai pukul 07.00 WIB.

Selain panggung hiburan, di sepanjang Malioboro juga akan dihiasi oleh berbagai seni instalasi karya seniman Timbul Raharjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com