Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lingkungan Rusak di TTU akibat Budaya Tebas dan Bakar Lahan

Kompas.com - 04/10/2013, 21:43 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KEFAMENANU, KOMPAS.com — Salah satu penyebab utama rusaknya lingkungan hidup di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur adalah budaya tebas dan bakar lahan yang dilakukan oleh warga setempat. Hal tersebut disampaikan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada sejumlah wartawan di Kefamenanu, Jumat (4/10/2013).

“Tebas bakar itu identik dengan pengolahan kebun yang dilakukan secara berpindah-pindah dengan cara menebas pohon dan membakarnya. Dampaknya sangat besar, yakni kerusakan lingkungan hidup, banyak pohon yang mati dan air di mana-mana akan menjadi kering sehingga akan muncul pemanasan global,” ungkap Fernandes.

Tebas dan bakar, kata Fernandes, tidak akan menghasilkan tanaman umur panjang yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti jati, mahoni, gabon, kemiri, jambu mete, dan kelapa. Untuk menhentikan perilaku tersebut, Fernandes mengatakan, Pemerintah Kabupaten TTU sudah menciptakan pola padat karya pangan yang mengharuskan petani untuk mengelola lahannya secara tetap.

”Misalnya, petani memiliki luas area, katakanlah 1,5 hektar untuk satu KK, maka dia mengelolanya menjadi kebun menetap,” kata Fernandes.

Program lainnya, menurut Fernandes, yakni gerakan Cinta Petani Menuju Pensiun Petani yang menjadi program andalan Pemerintah TTU saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com