Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Gunung Merbabu Terbakar

Kompas.com - 04/10/2013, 21:26 WIB
BOYOLALI, KOMPAS.com - Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2013) petang, terbakar.

Seorang tokoh masyarakat Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali, Tumar (43), mengatakan bahwa hutan yang mengalami kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu di dekat wilayah Dukuh Tumut, Jrakah.

Ia menjelaskan kebakaran hutan tersebut diketahui oleh warga setempat di Dukuh Tumut dan Kajor Duwur, Jrakah, sekitar pukul 15.00 WIB. Api terlihat dari daerah pemukiman berwarna merah merembet ke timur atau di bagian yang lebih tinggi daripada Desa Lencoh, Kecamatan Selo.

Ia mengatakan kawasan hutan yang mengalami kebakaran tersebut sebagian besar berupa tanaman akasia  dan cemara. "Kejadian itu, anggota Polsek Selo, juga sudah meluncur ke desa terdekat dari lokasi kebakaran untuk melihat kondisinya," kata Tumar.

Ia mengatakan warga semula melihat kebakaran tersebut di bagian lebih tinggi daripada Dukuh Tumur. Namun, katanya, api merembet ke Dukuh Kajor Duwur (Jrakah) dan saat ini ke bagian timur, yakni di lokasi yang lebih tinggi daripada Desa Lencoh.    

Kepala Polsek Selo AKP Suparma melalui Kepala Unit Sabara Aiptu Trie Paw membenarkan soal kebakaran tersebut. Pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi terdekat kebakaran hutan tersebut.

Kebakaran itu, katanya, sebenarnya terjadi sejak Kamis (3/10/2013) hingga Jumat. Akan tetapi, katanya, karena di suasana berkabut membuat warga sekitar tidak mengetahui.  

Lokasi kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu itu, jaraknya sekitar lima kilometer dari pemukiman warga Dukuh Kajor Duwur, Desa Jrakah.  

Petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu yang bermarkas di kawasan Gunung Merbabu juga sudah bersiap-siap ke lokasi untuk melakukan pengecekan untuk mengetahui tentang penyebab kebakaran.  

Kepala Resor Taman Nasional Gunung Merbabu Suparmin tidak bisa dihubungi melalui telepon selulernya untuk dikonfirmasi tentang kejadian itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com