Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resahkan Warga, Ular Piton 5 Meter Ditangkap

Kompas.com - 04/10/2013, 11:28 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

HUAMUAL, KOMPAS.com — Warga di Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, Jumat (4/10/2013), dihebohkan dengan penangkapan seekor ular piton di tepian sungai, tak jauh dari desa tersebut.

Ular dengan ukuran panjang lebih kurang lima meter ini sebelumnya pernah dilihat oleh sejumlah warga desa. Namun, upaya warga untuk menangkap ular tersebut tidak berhasil.

Tamuan ular ini membuat warga Desa Luhu sempat resah dan takut bepergian ke kebun. "Ular ini baru ditangkap pada Jumat pagi tadi. Sebelumnya, ular ini pernah ditemukan warga dan sempat meresahkan warga di sini. Kami takut karena ularnya sangat besar," kata Opan Heluth saat menghubungi Kompas.com.

Opan mengungkapkan, ular tersebut ditemukan di bantaran sungai tak jauh dari rumah salah seorang warga desa. Setelah ditemukan, ular langsung dibawa warga ke perkampungan, lantas mulutnya diikat dan dipertontonkan kepada warga.

"Banyak warga yang berdesakan untuk melihat ular tersebut dari dekat. Mungkin mereka penasaran. Ada juga yang ketakutan dan panik," ujar Opan.

Menurut Opan, warga mulai curiga dengan keberadaan ular tersebut lantaran beberapa hewan unggas peliharaan mereka kerap hilang secara misterius. Puncaknya, saat sejumlah warga melihat langsung ular tersebut di sungai di desa itu.

"Warga kerap mengeluh ayam peliharaannya selalu hilang. Mereka lalu curiga kalau ada hewan buas yang memangsanya. Kecurigaan warga semakin kuat setelah ular itu dilihat sejumlah warga," ungkapnya.

Warga yang sebelumnya resah mengaku lega setelah ular tersebut berhasil ditangkap. "Iya, kita senang karena ularnya telah ditangkap. Paling tidak, kita tidak khawatir lagi," kata warga bernama Iwar Warang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com