Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Kandungan Gadungan Diringkus Polisi

Kompas.com - 04/10/2013, 10:54 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Sepasang suami istri di Surabaya menggelar praktik dokter kandungan, padahal keduanya tidak memiliki latar belakang pendidikan dokter maupun izin praktik dokter. Ironisnya, keduanya sudah memiliki ratusan pasien langganan.

Aksi Djuhari Prajogo (56) dan istrinya Lucia Sudiarti (48) baru terendus polisi dua hari lalu. Dokter gadungan yang berpraktik di Jalan Pulo Wonokromo, Surabaya, ini dibekuk Polsek Wonokromo atas laporan salah satu pasien yang kecewa dan curiga.

''Bahkan keduanya berani melakukan operasi kandungan dan persalinan kepada pasiennya,'' kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Setija Junianta, Jumat (4/10/2013).

Semula, tersangka hanya membuka praktik medis khusus bagi perempuan yang ingin memiliki anak sejak 2011. Hingga saat ini, menurut pengakuan tersangka, sudah ada lebih dari 300 pasien yang berobat kepadanya.

''Yang lebih meyakinkan, tersangka juga menulis resep obat untuk dibeli di apotek,'' jelas Setija.

Praktik itu terbongkar sejak DS (36), pasien tersangka yang sudah sembilan tahun menikah tetapi belum juga dikaruniai anak, curiga dengan praktik tersangka. ''Pengobatannya tidak berhasil, justru berat badannya meningkat, padahal sudah habis banyak biaya,'' kata Setija.

Korban pun memeriksakan kandungannya ke rumah sakit, dan hasilnya tidak ada perubahan di dalam kandungannya. DS lantas melaporkan suami-istri itu ke Polsek Wonokromo.

Selain menahan keduanya, polisi juga menyita berbagai obat-obatan, tempat tidur pasien, dan buku catatan pasien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com