Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fashion Show" Batik ala Pedagang di Pasar Solo

Kompas.com - 02/10/2013, 14:38 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Belasan pedagang Pasar Gede Solo unjuk menggelar fashion show khas mereka untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Rabu (2/10/2013). Sebelumnya, sebelas pedagang menyiapkan diri dengan berdandan di salah satu ruangan di lantai dua pasar.

Setelah selesai, para pedagang berkeliling mengendarai becak keliling Pasar Gede. Baju yang dikenakan pun unik, meskipun tetap bernuansa batik. Setelah berkeliling pasar, para peserta langsung unjuk aksi di depan pintu masuk pasar. Di tengah-tengah keramaian pasar, pedagang yang sudah berdandan melenggak-lenggok layaknya pragawati profesional.

Meskipun sudah tak lagi muda, perempuan yang sehari-harinya berjualan tersebut melempar senyum ke pengunjung atau ke rekan-rekan wartawan yang sibuk mengabadikan aksi fashion show batik ala pedagang tersebut.

"Persiapan khusus sih tidak ada mas, hanya pede aja, apalagi mengenakan batik," kata Wartini (61), salah satu peserta fashion show.

Sementara itu, setelah asyik meleggak-lenggok, lalu para peserta langsung masuk ke pasar dan berkeliling menyapa rekan-rekan dan pengunjung. Kedatangan mereka pun mengundang tawa warga di dalam pasar. Pasar pun menjadi meriah.

"Meski enggak buat nambah laku, tapi enggak apa-apa, mas, biar rame," kata Sujimi, pedagang beras yang turut menikmati acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com