Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Main Korek Api, Rumah Nenek Terbakar

Kompas.com - 02/10/2013, 13:57 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Beginilah jadinya jika anak-anak bermain api. Sebuah rumah di Jalan Panglima Sudirman, Kota Kediri, Jawa Timur, mengalami kebakaran akibat seorang anak bermain korek api, Rabu (2/10/2013).

Peristiwa itu menimpa rumah Hartiningsih (60) yang terletak tepat di samping utara Alon-alon Kota Kediri. Rumah dua lantai yang difungsikan sebagai tempat kos itu terbakar pada salah satu kamarnya yang ada di lantai satu.

Penyebabnya karena Edho Hartono (7), cucu Hartiningsih yang bermain korek api jenis gas. Ia membakar plastik pada lemari pakaian lalu api menjalar pada pakaian yang ada di dalam lemari kamar.

"Saat itu saya sedang masak di dapur. Edho teriak-teriak kalau ada kebakaran," tutur Hartiningsih ditemui di lokasi kejadian.

Usai mendapat laporan Edho, Hartiningsih menambahkan, langsung melihat kamar yang dimaksud Edho dan mendapati api sudah membumbung tinggi dalam kamar. Ia segera berteriak meminta pertolongan warga.

Warga yang mengetahui hal itu lalu membantu melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Pompa air yang digunakan membantu pemadaman, sempat tidak mengeluarkan air sehingga warga menggunakan peralatan lain. "Apinya sudah besar, sampai menyentuh atap. Saya kaget dan bingung," imbuh Hartiningsih.

Satu unit mobil pemadam kebakaran dari PT. Gudang Garam datang ke lokasi kejadian. Namun api yang menghanguskan barang-barang dalam kamar, sudah padam. Mereka kemudian melakukan tahapan pembasahan untuk mengantisipasi terulangnya kebakaran.

Hartiningsih mengatakan, cucunya yang duduk di bangku kelas dua sekolah dasar itu mendapat korek api dengan cara membelinya di toko. Hartiningsih mengaku tak mempedulikan tingkat kerusakan yang timbul akibat kebakaran itu.

Ia sudah merasa beruntung karena tidak ada korban jiwa. "Padahal di dalam kamar itu juga ada tabung elpiji," katanya sambil mengusap kepala cucu lelakinya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com