Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Pelayaran di Batam "Ditutup"

Kompas.com - 02/10/2013, 09:52 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Kapal MV Oceanna 2 terpaksa kembali ke Pelabuhan Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau pada Rabu (2/10/2013) pagi karena cuaca buruk. Penundan berlayar juga diberlakukan pada pelabuhan lain.

Kapal MV Oceanna 2 tujuan Tanjung Balai Karimun sudah berlayar selama 20 menit. Tiba-tiba, awak kapal mengumumkan pelayaran tidak bisa dilanjutkan. Nahkoda, melalui awak kapal, menyampaikan kapal harus kembali ke pelabuhan.

"Kondisi laut tidak memungkinkan untuk meneruskan pelayaran. Nahkoda memutuskan kembali pelabuhan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Kami mohon maaf, pelayaran terpaksa ditunda sampai cuaca lebih baik," ujar salah seorang awak kapal.

Awak kapal belum bisa memastikan kapan kapal bisa berlayar kembali. Sejumlah penumpang yang awalnya bertahan di kapal saat sudah sandar kembali, akhirnya memutuskan keluar. Sebagian memutuskan batal berlayar, sebagian lagi memilih menanti pelayaran diizinkan.

Dihubungi terpisah, Syahbandar Sekupang, Yovan Siahaan menuturkan, pemberangkatan ditunda sejak pukul 08.30 hingga waktu yang belum ditentukan. Pihaknya masih memantau kondisi cuaca sebelum mengizinkan pelayaran.

"Cuaca buruk hanya di perairan Batam. Tetapi, kami tetap putuskan penundaan sampai cuaca lebih baik," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com