Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terhimpit Problem Ekonomi, 9 Warga Eks Timtim Kembali ke Timor Leste

Kompas.com - 01/10/2013, 11:00 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com - Sebanyak sembilan warga eks Timor Timor yang selama ini menetap di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya yakni Distrik Viqueque dan Dili, Timor Leste (repatriasi).

Wakil koordinator Circle of Imagine Society (CIS) Timor, wilayah Atambua, Deonato Moreira, Selasa (1/10/2013) mengatakan, sembilan warga itu telah masuk ke Timor Leste pada pekan lalu karena terhimpit masalah ekonomi.

“Mereka saat ini sudah tiba dengan selamat. Alasan mereka memilih pulang ke Timor Leste karena sejak memilih menjadi warga negara Indonesia pada tahun 1999 lalu, hidup mereka tidak pernah berubah dan semua bantuan untuk warga eks Timtim, termasuk bantuan perumahan, tidak diberi sehingga selama ini mereka hanya tinggal di kamp pengungsian,” jelas Deonato.

Selain itu, lanjut Deonato, selama hidup di wilayah Timor Barat, mereka tidak diberikan lahan yang cukup untuk digarap.

“Sembilan orang warga eks Timtim itu kita sudah fasilitasi dan terkait itu kita bekerja sama dengan Fila Hikas Knua asal Timor Leste,” kata Deonato.

“Untuk proses pemulangannya, mereka yang masukan data bagi KK yang ingin pulang, lalu kita tindaklanjuti dengan wawancara tentang alasan kepulangan, kemudian kita klarifikasi data, selanjutnya pengurusan surat dari Desa atau Kelurahan dengan mengetahui camat dan kepengurusan surat di Dinas Kependudukan serta surat serah terima oleh Kodim Belu," kata Deonato.

Deonato mengatakan, keputusan untuk repatriasi tersebut adalah keinginan mereka sendiri tanpa ada paksaan dari pihak lain. ”Sebelum mereka memutuskan untuk pulang, mereka sudah sering keluar masuk ke Timor Leste, melalui jalur legal yakni dengan paspor dan ilegal melalui jalan tikus. Saat di sana mereka sudah lakukan rekonsiliasi sendiri dan ada dorongan yang kuat dari keluarga di Timor Leste yang meminta mereka untuk kembali,” ujar Deonato.

Terhitung sampai saat ini, kata Deonato, kerjasama untuk memulangkan warga eks Timtim untuk CIS sudah dilakukan sebanyak lima kali dan pihaknya akan terus membantu warga eks Timtim yang berniat untuk repatriasi.

Sembilan warga yang memilih kembali ke Timor Leste yakni Jose Ramos, Miranda do Santos, Paulo Soares kembali ke Distrik Viqueque dan Gilberne da Costa, Corlinda Sarmento, Antonio da Costa, Imanuel DJS da Costa, Filipo da Costa dan Joao da Costa yang akan kembali ke Bidao Santana, Kota Dili ibukota negara Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com