Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilgub Lampung Tak Kunjung Pasti, Satu Pasangan Calon Nyaris Mundur

Kompas.com - 29/09/2013, 15:18 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Tarik ulur pelaksanaan Pemilihan Gubernur Lampung membuat salah satu bakal pasangan calon dikabarkan nyaris mundur dari pertarungan politik sebelum dimulai. Salah satu pasangan calon tersebut yakni Alamsyah Tarmizi dan Gunadi dari calon independen, ia mulai mengurangi aktivitas sosialisasi pada masyarakat.

Namun demikian, meski juga mengakui bahwa ketidakpastian penyelenggaraan pemilihan gubernur mengganggunya, Alamsyah membantah telah mundur dari pertarungan politik tersebut.

"Tidak, saya tidak mundur, saya masih aktif menghadiri undangan-undangan dari KPUD Lampung, hanya saja saya memang mengurangi aktivitas sosialisasi karena tidak ada kepastian kapan pelaksanaannya," kata Alamsyah kepada Kompas.com, Minggu (29/09/2013).

Sebelumnya, Alamsyah Tarmizi menjabat sebagai Danrem 034/Gatam. Namun, ia mengajukan cuti melaksanakan tugas setelah mendaftar sebagai peserta pasangan calon gubernur Lampung beberapa bulan lalu sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh pasangan calon.

Hanya saja, ketika melihat ketidakpastian pelaksanaan Pilgub, ia mencabut cutinya dan kini ditempatkan sebagai staf Pangdam Sriwijaya. Ia menyayangkan ketidategasan Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan konflik internal Pemerintah Provinsi Lampung dengan KPUD Lampung.

Pemerintah Provinsi Lampung tidak menganggarkan pelaksanaan percepatan Pilgub 2013 dalam APBD bahkan dalam APBD Perubahan 2013, sementara KPUD Lampung telah menetapkan tahapan pilgub berlangsung 2 Desember 2013. Tak cuma dana pilgub yang tidak dianggarkan pada APBD Perubahan 2013 oleh Pemerintah Provinsi Lampung, namun seluruh kegiatan lainnya pun turut mendapat imbasnya.

"Hanya Pemerintah Provinsi Lampung satu-satunya provinsi yang tak membahas APBD Perubahan, ini sudah luar biasa," ujar Alamsyah.

Ia menekankan, yang pasti bahwa pada tanggal 2 Juni 2014 masa jabatan Gubernur Lampung berakhir dan harus diganti.

"Pemerintah pusat harus memikirkan apakah pergantian itu akan digantikan oleh karteker atau oleh gubernur terpilih mendatang," tegasnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Pilgub Lampung 2013, ada lima pasanggan calon yang telah mendaftar ke KPUD Lamppung, lima pasangan itu Alamsyah Tarmizi-Gunadi, Ridho Ficardo-Bakhtiar, Herman HN-Zainuddin hasan, Berlian Tihang-Muckhis Basri serta Alzier Dianis Tabrani-Lukman Hakim. Sebagian dari pasangan calon merupakan incumbent yang semestinya segera mengajukan cuti kerja setelah mendaftar sebagai pasangan calon Gubernur Lampung 2013 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com