Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Kembar Siam Dempet Panggul Berhasil Dipisahkan

Kompas.com - 26/09/2013, 11:29 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — RSU dr Soetomo kembali berhasil memisahkan bayi kembar siam. Kali ini jenis pygopagus, atau kembar siam dempet panggul. keduanya hanya memiliki satu anus.

Bayi kembar siam putri pasangan AR dan B, yang lahir pada Minggu (14/9/2013) lalu di Rumah Sakit Ibu dan Anak Graha Medika Babatan, Wiyung, Surabaya, itu terlahir dengan berat total 5.400 gram.

''Ini termasuk jenis kembar siam yang langka,'' kata Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSU dr Soetomo Surabaya dr Agus Harianto SpA(K), Kamis (26/9/2013).

Operasi pemisahan keduanya, kata Agus, dilakukan Selasa (24/9/2013) lalu selama 6 jam, sejak pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB. ''Sekitar 100 tenaga medis yang terdiri dari 50 dokter dan 50 perawat dari berbagai bidang spesialis terlibat di dalamnya,'' tambah Agus.

Mereka antara lain dari spesialis anak, bedah anak, jantung anak, bedah plastik, bedah ortopedi, bedah saraf, bedah urologi, bedah thorak kardiovaskuler, bedah kardiovaskuler, foreksik, anestesi, patalogi anatomi, patologi klinik, mikrobiologi klinik, obgyn, dan radiologi.

Biaya operasi pemisahan dan perawatan ditanggung penuh RSU dr Soetomo Surabaya karena keluarga itu masuk dalam peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com