Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Bantah Pemberian Kambing sebagai Kampanye

Kompas.com - 25/09/2013, 22:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur Soekarwo membantah jika program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) dengan pemberian kambing kepada rumah tangga sangat miskin untuk sosialisasi dirinya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2013.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengatakan, Jalin Kesra tersebut merupakan pemerintah. Menurut Karwo, tidak ada arahan untuk memilih dirinya saat pemberian kambing tersebut.

"Nggak ada (arahan memilih). Mengapa itu kemudian harus tahu, karena ada program pusat, program kabupaten, ada program provinsi. Karena pernah, kalau tidak diberi tahu program siapa, itu disebutnya program rekanan," kata Karwo kepada wartawan di MK, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Sebelumnya, Abdul Fatah, saksi dari pasangan Khofifah-Herman, mengatakan bahwa yang membagikan kambing merupakan petugas Jalin Kesra. Saat pembagian kepada warga, dinas terkait mengatakan bahwa kambing tersebut merupakan pemberian dari Pakde Karwo.

Saat pemberian kambing tersebut, warga dikumpulkan di balai desa, kemudian diberi stiker untuk ditempel di rumahnya sebagai tanda telah menerima Jalin Kesra.

"Kita jelaskan sudah tahu enggak siapa Gubernur? Gubernurnya Pakde Karwo. Yang jelaskan dinas terkait," kata Abdul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com