Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Jember, Sasaran Empuk Peredaran Obat Terlarang

Kompas.com - 25/09/2013, 15:57 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Kalangan pelajar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi "pasar" empuk bagi para pengedar narkoba dan obat-obatan terlarang. Kondisi psikologis pelajar yang masih labil, menjadi faktor utama penyebab tingginya peredaran obat keras dan berbahaya.

Hal itu diungkapkan Kepala Satuan Reserse dan Narkoba Polres Jember, Ajun Komisaris Edi Sudarta, Rabu (25/9/13). Sejak Bulan Januari hingga pertengahan bulan ini lanjut dia, Satreskoba sudah mengungkap 55 kasus dengan 58 tersangka.

"Untuk barang bukti pil dextro, kita mengamankan sebanyak 10.848 butir, dan pil trex sebanyak 17.875 butir," ungkapnya.

Edi menambahkan, barang bukti tersebut paling banyak diedarkan di kalangan pelajar. "Harga yang cukup murah menjadi tawaran menarik tersendiri bagi seorang pelajar. Apalagi setiap hari mereka kan bawa sangu, jadi mudah untuk membeli," ucap dia.

Untuk menekan tingginya peredaran obat berbahaya serta narkoba di kalangan pelajar, Satreskoba Polres Jember menggandeng sekolah untuk melakukan sosialisasi. "Kami terus melakukan sosialisasi akan bahaya penggunaan narkoba," katanya. Selain itu, lanjut dia, kegiatan operasi rutin dengan melakukan penangkapan terhadap para pengedar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com