Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hebat Hanguskan Permukiman di Ambon

Kompas.com - 23/09/2013, 15:23 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kebakaran hebat menghanguskan puluhan rumah warga di Kawasan Jalan Baru, Kecamatan Sirimau, Ambon, Maluku, Senin (23/9/2013). Api cepat menjalar ke rumah-rumah warga karena angin berhembus kencang. Kondisi rumah yang berhimpitan pun menyebabkan api menjalar dengan sangat cepat.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Warga terus mengupayakan pemadaman api, meski dengan cara seadanya. Namun usaha warga hingga kini belum membuahkan hasil.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran yang yang dikerahkan untuk memadamkan api, mengalami kesulitan karena akses masuk ke lokasi kebakaran sangat sulit untuk ditembus.

Sejumlah saksi mata mengungkapkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.40 Wit. Kobaran api terlihat dari sebuah rumah warga dan langsung menjalar ke rumah-rumah lainnya dengan cepat.

”Saat itu saya sedang menanak nasi, tiba-tiba saya mendengar suara ledakan, saat saya keluar api telah membakar rumah tetangga saya dan seketika membesar dan menjalar ke rumah-rumah lainnya,” kata Ali, warga setempat.

“Bunyi ledakan sangat besar terdengar dan tiba-tiba kita melihat rumah terbakar,” kata Ali lagi.

Pantauan di lokasi kebakaran, warga yang rumahnya belum dilalap api langsung menyelamatkan barang-barang mereka. Sebagian warga bahkan nekat membongkar pintu dan jendela untuk menyelamatkan barang. Sementara warga yang rumahnya telah hangus terlihat histeris dan menangis.

Hingga berita ini dipublikasikan, petugas pemadam kebakaran dibantu warga masih terus berusaha memadamkan api. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com